Cara memilih gitar akustik yang murah dan berkualitas

Cara  memilih gitar akustik  yang murah dan berkualitas
gitar akustik

Bagi sobat tonapedia yang hoby bermain music, belajar memainkan alat music pendukung menjadi sangat penting. Salah satu alat music yang paling popular bagi para pecinta musik  tak lain dan tak bukan adalah gitar.

Dan memilih gitar akustik yang murah dan berkualitas bukanlah perkara gampang. Bagi yang memiliki budjet banyak mungkin tak masalah, tinggal mencari gitar  merek ternama, seperti YAMAHA yang harganya diatas satu jutaan. Tapi untuk memboyong gitar yang bermerk, perlu nabung dulu kali yak..??

Nah berikut ini berbagai tips memilih gitar akustik yang  murah dan berkualitas oke yah sobat tonapedia,

Bahan Material Gitar

Ketika hendak membeli gitar usahakan melihat-lihat bahan material gitar tersebut sob. Gitar yang berkualitas biasanya berbahan kayu mahagoni, rosewood ataupun jati. Tapi lagi-lagi harganya yang mahal menjadi alasan.

Trik yang mudah adalah dengan memilih gitar yang bobotnya tidak terlalu enteng atau tidak terlalu berat. Anda tinggal memegang stang gitar dan timbanglah, gitar yang berkualitas mempunyai bobot yang lebih berat daripada gitar biasa.

Baca juga :

Meneliti Leher Gitar

Hal yang penting tapi kadang banyak diabaikan adalah meneliti keakuratan leher gitar itu sendiri sob. cobalah untuk melihat secara lurus (seperti meneropong) mulai dari body sampai ke leher gitar.

meneliti body dan leher gitar

Jangan sampai ada lengkungan atau terlihat miring sedikitpun, karena jelas sedikit lengkungan saja akan membuat suara gitar sumbang pada kunci tertentu. Dan itu pasti sangat tidak nyaman sob.

Eh iya Sobat Tonapedia, jangan lupa juga menelisik lebih detail freet gitarnya. Cek apakah rapi sejajar dan nyaman di mainkan. Pencet senar dari freet satu ke freet lainnya untuk memastikan ketinggian freetnya sama, agar tidak ada suara gitar yang "bazing" alias tidak sempurna bunyi nadanya.

Satu lagi yang penting untuk dicek, coba sobat Tonapedia melongok ke dalam body gitar dan pastikan ada besi (biasanya bulat dengan bawaan lubang kunci L, letaknya tepat dibawah Finggerboard) yang bisa digunakan untuk menyetel ketika stang gitar bengkok.

Meliti body Gitar

Untuk urusan body, gitar bermerek ngga usah ditanya sob, faktor quality control menjadi jaminan. Nah bagaimana dengan gitar custom (handmade) dengan harga tejangkau ?

Cara  memilih gitar akustik  yang murah dan berkualitas
memastikan adanya tulang disekeliling body gitar

Yap !! salah satu caranya adalah dengan memilih gitar yang dilengkapi tulang body. Biasanya seperti garis berwarna putih  disekeliling body gitar, baik depan maupun belakang, ingat yah !! Pastikan itu bukan tulang variasi dari cat. Fungsinya adalah untuk menahan ketika body gitar sering terbentur ketika dibawa atau ketika diletakkan, bahkan ketika tidak sengaja terbanting. Keberadaan tulang tersebut sangat membantu sob.

Cara  memilih gitar akustik  yang murah dan berkualitas
memilih senar gitar

Memilih Senar Gitar

Biasanya gitar custom yang dijual ditoko biasa hanya memakai senar gitar sederhana (untuk tidak mengatakan buruk). Setelah memastikan langkah-langkah diatas dan semua cocok, cobalah nanti mengganti senar gitar anda dengan senar gitar yang berkualitas lumayan.

Dipasaran banyak jenis merk senar gitar yang lumayan top kualitasnya. Dari yang harga standar sampai yang mahal. Untuk kelas pemula sih saya kasih saran menggunakan merk d’addario.

Cara  memilih gitar akustik  yang murah dan berkualitas
saddle gitar

Anda bisa juga mengganti saddle gitar (tempat nangkring senar)  yang biasa dengan yang berbahan tulang asli, seperti tulang kerbau misalnya. Karena efek suara yang ditimbulkan semakin jernih, jring..jring..

Tempat membeli Gitar

Poin terahir ini ngga kalah penting sob. Jangan sampai anda berharap mendapat gitar berkualitas kalau belinya  di tukang fotocopy. Belilah ditoko khusus gitar karena selain banyak pilihan kita juga bisa langsung bertanya-tanya seputar bahan material gitar idaman yang akan kita beli.


Nah itulah sob cara memilih gitar akustik murah yang berkualitas, semoga bermanfaat yah… selamat bermusik ??

Postingan terkait: