Wali Allah dan tingkatannya

wali allah dan tingkatannya
[Wali Allah dan tingkatannya]

Pernahkah sobat Tonapedia mendengar sebutan Wali Qutub, Wali abdal, Rijalul Ghoib dan lain-lain ?
Lalu apakah maksud dari sebutan-sebutan tersebut, nah seperti di kutip dari laman sarkub.com , yuk disimak penjelasannya berikut ini.

Syekh Muhyidin Ibnu ‘Aroby dalam kitabnya Al Futuhat Al Makkiyah membuat pembagian tingkatan Wali Allah beserta kedudukannya. Jumlah mereka sangat banyak, ada yang terbatas dan ada juga yang menempati maqom khusus. Berikut ini adalah ringkasannya

1.  Wali Quthub Al- Aqthab atau Wali Quthub Al- Ghoust


Adalah tingkatan wali Allah yang paling sempurna, beliau memimpin seluruh wali yang ada di seluruh alam semesta. Hanya ada satu orang dalam setiap masa (100 tahun?), jika beliau telah meninggal maka akan di gantikan oleh wali quthub yang lain. Tokoh yang terkenal dalam tingkatan ini adalah Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

2. Wali Aimmmah


Adalah pembantu wali quthub. Posisi mereka menggantikan wali quthub ketika telah meninggal dunia. Jumlahnya ada dua orang di setiap masa. Yang satu bergelar Abdul Robbi dan satu lagi bergelar Abdul Malik.

3. Wali Autad


Adalah wali Allah yang berada di empat penjuru mata angin, berjumlah empat orang di setiap masa. Mereka menguasai wilayahnya masing-masing. Kadang dalam tingkatan wali autad juga terdapat seorang perempuan. Gelarnya adalah Abdul Hayyi, Abdul Alim, Abdul Qadir dan Abdul Murid.

4. Wali Abdal


Adalah Wali pengganti, sesuai dengan arti kata “badal”. Dinamakan demikian karena jika salah satu dari mereka meninggal, maka dia menunjuk penggantinya. Jumlahnya ada tujuh orang yang menguasai tujuh iklim.

5. Wali Nuqoba


Adalah tingkatan wali Allah yang dikaruniai Allah akan ilmu hukum syari’at , sehingga mereka akan menyadari terhadap semua tipuan syaitan dan hawa nafsu. Jumlah merka ada 12 orang dalam setiap masa.

Mereka dapat mengetahui orang itu baik atau buruk, bodoh atau berilmu hanya dengan melihat jejak bekas telapak kaki diatas tanah yang mereka lalui.

6. Wali Nujaba


Jumlah mereka sebanyak delapan orang dalam setiap masa.

7. Wali hawariyyun


Sesuai arti Hawari yaitu penolong, mereka adalah para pembela agama Allah. Mereka di karuniai ilmu pengetahuan, keberanian, dan ketekunan dalam beribadah.

8. Wali Rajabiyyun


Dinamakan demikian karena karomahnya selalu muncul dalam bulan Rajab. Jumlah mereka sebanyak 40 orang. Terdapat di berbagai Negara dan mereka saling kenal. Mereka dapat mengetahui batin seseorang.

Setiap awal bulan rajab mereka merasakan badannya sangat berat bagaikan dihimpit langit, mereka berbaring diatas ranjang dengan kondisi badan yang kaku, bahkan pelupuk matanya tidak bisa dipejamkan hingga sore hari. Keesokan harinya beban berkurang, dan di hari ketiga mereka menyaksikan hal gaib.

Berbagai rahasia kebesaran Allah tersingkap, padahal mereka masih dalam kondisi berbaring. Sesudah tiga hari baru kemudian bisa berbicara. Setelah bulan rajab berahir maka kondisi mereka seperti biasa, jika dia seorang pedagang maka dia seperti biasa kembali berdagang.

9. Wali Khatam


Adalah wali penutup,Jumlahnya hanya satu orang di setiap masa. Wali ini bertugas menguasai dan mengurusi wilayah kekuasaan umat nabi Muhammad.

demikianlah rincian Wali Allah dan tingkatannya, semoga bermanfaat bagi sobat tonapedia sekalian.


" Sesungguhnya  bagi para kekasih Allah tidak ada pada dirinya rasa takut dan tidak pula ada kesedihan baginya"








Postingan terkait: