Istilah dalam lintasan Balap


Sobat Tonapedia pasti sering nonton gelaran Moto GP kan?
Nah, pasti sudah tau kan siapa para punggawa Moto GP, tapi mungkin banyak juga yang belum tahu isltilah-istilah dalam pagelaran tersebut.

Berikut ini adalah istilah-istilah dalam lintasan balap yang jarang di ketahui artinya

1. Qualifying Time Trial (sesi kualifikasi)


Sesi ini di berikan kepada pembalap selama beberapa menit untuk mengitari sirkuit agar mendapatkan waktu tercepat. Tidak ditentukan berapa kali harus berputar, yang penting tidak melewati batas yang ditentukan oleh penyelenggara balapan.

Misalnya waktu yang ditentukan adalah 30 menit, terserah pembalap mau mengitari sirkuit berapa kali, asal tidak melewati 30 menit. Pembalap juga boleh masuk paddock Area untuk menyetel kembali motornya.

2. Curbstones


Biasa juga disebut KERB, terdapat di lapiran luar lintasan balap. Biasanya terdapat ditikungan dengan diberi tanda gundukan dan cat warna warni. Fungsinya adalah tepian terahir mendorong kendaraan kembali ke racing line.

 3. High Speed Corner


Adalah tikungan kecepatan tinggi. Bentuknya membulat dan memungkinkan pembalap untuk menggantung gas untuk melintasi tikungan ini.  Biasanya tikungan semacam ini disebut Rolling Speed

4. R.


Sebutan untuk kata pertama untuk semua tikungan, misalnya R1 untuk tikungan pertama dan seterusnya.

5. Straight


Sebutan untuk trek lurus. Tempat ini menjadi favorit pembalap untuk melakukan overtaking (mendahului lawan) dan menjadi tempat untuk menilai motor mana yang lebih jago dalam trek lurus.

6. Gravel


Adalah hamparan pasir, batual kecil atau kerikil. Berada di luar lintasan yang berfungsi menahan laju motor yang keluar dari jalur lintasan agar tidak menabrak dinding pembatas sirkuit.

7. Hairpin Corner


Sesuai artinya yaitu tikungan tusuk konde, disebut demikian karena tikungan ini mirip dengan bentuk tusuk konde ibu-ibu jika dilihat dari atas.  Ini adalah tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis bahkan samai harus menurunkan kaki.

Di sirkuit Internasional tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar disesuaikan dengan besar sirkuit tersebut.

Nah... Gimana sobat Tonapedia, sekarang sudah tahukan artinya...




Postingan terkait: