Jogja dan kenangan bersama P.O Citra Adi Lancar Jogja-Cirebon

Bus patas Citra Adi Lancar /foto:Aminudin


Lalu lalang kendaraan malam itu cukup ramai, warung angkringan di sepanjang jalan juga terlihat ramai, para pramuniaga sibuk melayani pelanggan setia mereka. Tepat pukul setengah sembilan malam ketika aq turun dari mbeat temanku yang mengantar ke giwangan malam ini setelah seharian muter muter kota jogja.

Jogja adalah aku dan kenangan rindu yang selalu ingin kembali, setidaknya begitulah quote yang sering saya baca di timeline medsos. Tak berlebihan memang, hanya soal perasaan. tibalah saatnya untuk berpisah untuk saya kembali ke tempat kerjaku di jawa barat sana.

Tiba di terminal, saya sempatkan duduk dan mengamati lalu lalang orang sekitar, bukan apa-apa, temanku pernah bercerita dirinya sempat dipalak calo di terminal Tirtonadi gara-gara seperti orang tergesa-gesa. Ku sempatkan merokok sebatang agar tetap terlihat kalem.

Nampak di shelter keberangkatan ada Sugeng Rahayu legacy sr1 lama dengan trayek surabaya purwokerto via Wonosobo.

 "Yang kebandung jam berapa ya pak" tanyaku pd seorang yang berseragam sugeng rahayu grup
"Setelah yang ini berangkat" jawabnya menunjuk pd legacy purwokerto via wonosobo tadi.

Ketika sedang bertanya, mataku tertuju pada bis di shelter sebelah,  bis dengan warna silver yang pernah ku lihat di sebuah video dari channel yutub bisnation.

Yupp si of 1623 nya CAL .. dengan mesin Mercy dan sasis langka punya Maju Lancar grup, tanpa babibu kudekati agen yang berada di depan bis ini. 137 ribu kutebus untuk rute jogja cirebon kelas patas , seat no 6, tapi karena seat no3 kosong ya eksekusi tanpa lama lama, padahal agen bilang set depan penuh .. tapi kosong ternyata .. heuheuheu

Pukul 2130 bis mulai dimundurkan
Angkatan pertama bis ini mirip ATB- nya sumber grup, garang bray.. mesin ga terlalu berisik dan ac dingin. Driver tanpa cekat ceket langsung memacu bis ini , lumayan kenceng lah... Wuuuszz...

Ada kejadian menarik selepas wates ketika sebuah grenmex seakan ngerjai bis ini, disalip ga mau tapi jalan nya pelan,dipepet terus ama driver hingga ada kesempatan langsung disalip tuh grendmex, setelah nyalip driver sengaja memelankan bisnya.. sehingga klakson panjang dari grenmek berkumandang.. driver terkekeh sambil bilang "emang koe ae sing bisa ngalangi..." disambut gelak tawa penumpang yang duduk depan.

Tak lama sayup-sayup mataku kriyep-kriyep sangkin enaknya suspensi bis tersebut, aq tertidur dan bangun ketika memasuki rumah makan jakarta karang anyar Kebumen. 15 menit disini bis lanjut berjalan dan driver masih ajeg.

Sempat bus menerima operan penumpang dari P.O  EKA jurusan bumiayu. Ayunan suspensi yang nyaman tanpa kreyat kreyot pada bodi bis lagi-lagi membuat saya mulai ngantuk dan tertidur lagi,  terbangun ketika bis terparkir di bulupitu Purwokerto pukul 1.20 , beberapa menit kemudian bis lanjut dan bis finis di harjamukti cirebon pukul 05 15 pagi.

Lumayan lah cepet .. star pukul 21:30 dari Giwangan
Finis 05:15 Harjamukti, 7 jam Jogja Cirebon via Purwokerto Bumiayu Slawi , kalau  via Songgom mungkin bisa lebih cepat lagi.

Demikian sedikit pengalaman tidur saya di bis Citra Adi Lancar jogja cirebon mercy of 1623. Jogja adalah tentang rindu dan kenangan, memang itu !!!

Penulis : Aminudin, bismania asal Pemalang
Editor : Tona Abdulsyah

Postingan terkait: