5 Film kolosal Indonesia yang legend banget



Film kolosal adalah film yang dibuat secara besar-besaran, melibatkan pemain yang banyak dan plot yang beragam. Indonesia punya banyak sekali film-film kolosal yang legendaris, baik yang mengangkat tema perjuangan maupun cerita fiksi atau babat leluhur. 

Inilah 5 Film Kolosal Indonesia yang legend banget versi tonapedia :

Gambar Wikipedia

1. Saur Sepuh

Saur sepuh merupakan karya asli dari Niki Kosasih (alm.) yang bercerita tentang perjalanan sesorang pendekar sakti mandraguna bernama Brama Kumbara. Brama Kumbara kelak akan menjadi raja disalah satu wilayah yang yang bernama Madangkara.

Saur Sepuh disiarkan melalui media Radio pada tahun 1980-an. Saur Sepuh mengambil latar belakang Raja Hayam Wuruk pada zaman kerajaan Hindu Budha Majapahit. Sandiwara Radio ini adalah Master of Legend atau legenda terbesar sandiwara radio yang ada di Indonesia.

Serial ini bisa menghipnotis jutaan pendengarnya di seluruh pelosok Nusantara. Pada tiap jam-jam tertentu masyarakat berkumpul bersama mendengarkan serial ini. Pada saat itu radio adalah satu-satu media hiburan rakyat Indonesia yang lumayan mewah, sehingga belum tentu setiap keluarga memilikinya.

Setelah sukses melalui udara, ahirnya serial Saur Sepuh diangkat ke layar lebar pada tahun 1987 dengan sutradaranya adalah Imam Tantowi. 


Gambar Wikipedia

2. Angling Darma

Prabu Anglingdarma adalah nama seorang tokoh legenda dalam tradisi Jawa, yang dianggap sebagai titisan Bathara Wisnu. Salah satu keistimewaan tokoh ini adalah bahwa Prabu Anglingdarma dapat mengtahui bahasa segala jenis binatang.

Angling Dharma merupakan sebuah sinetron kolosal yang diproduksi Genta Buana Pitaloka dan di tayangkan oleh Indosiar pada tahun 2001 dan berahir pada 2005. Tokoh lain yang terkenal dalam serial ini antara lain, Suliwa, Patih Batik Madrim, Sudawirat dan Nyai Durgandini.

Pasti sobat semua masih ingat dengan alur ceritanya kan ? 

Gambar Wikipedia

3. Tutur Tinular

Awalnya Tutur Tinular adalah salah satu sandiwara radio yang legendaris karya S. Tijab. Kisah ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang pendekar ksatria bernama Arya Kamandanu. Sandiwara ini pertama kali dirilis pada1 Januari 1989, Setelah sukses perdananya cerita ini langsung diangkat ke layar lebar pada tahun yang sama.

Tokoh yang terkenal adalah Arya Kamandanu, Arya Dwipangga, Mei Shin, Dewi Sambi, Mpu Tong Bajil. Dan senjata yang terkenal adalah pedang Naga Puspa. 

Cerita ini mengambil latar belakang sejarah runtuhnya kerajaan Singosari dan awal berdirinya kerjaan Majapait.

Gambar Wikipedia

4. Wiro Sableng

Wiro Sableng atau pendekar 212 adalah tokoh fiksi. Dalam cerita,  Wira terlahir dengan nama Wira Saksana dan diasuh oleh guru sakti mandraguna namanya Sinto Gendeng. Wiro sableng mempunyai senjata Kapak Naga Geni 212 dan juga memiliki rajah 212 di dadanya.

Wiro Sableng diapdopsi dari cerita novel dengan judul yang sama ciptaan Bastian Tito. Serial ini ngehits banget pada tahun 90-an, dipelosok tanah air setiap hari minggu siang pasti banyak anak-anak yang rela ngantri dirumah tetangga yang punya televisi. 


5. Misteri Gunung Merapi

 Misateri Gunung Merapi awalnya adalah sandiwara radio karya Asmadi Sjafar pada ahir tahun 80-an. Tokoh yang terkenal adalah Mak Lampir dan musuh besarnya yaitu Sembara.

Sama seperti Saur Sepuh, sandiwara radio ini terbukti menjadi idola masyarakat waktu itu. Dimana pada jam-jam dimulainya siaran ini orang-orang langsung meninggalkan aktivitas dan mulai berkumpul mendengarkannya lewat radio.

Bagi generasi yang pernah mengalami masa-masa ini, sungguh tak tergambarkan bagaimana indahnya suasana saat itu. Apalagi yang punya radio, seakan punya kebanggan tersendiri.

Cerita ini pertama kali diangkat kelayar lebar pada tahun 1989, sedangkan versi sinetron ditayangkan pada tahun 1999-2000 oleh Indosiar produksi Genta Buana Pitaloka.

Nah,, Gimana Sobat Tonapedia sudah berasa bernostalgia kan sama kenangan tempo dulu..?



Postingan terkait: