Fakta-fakta Unik Ikan Sebelah

Fakta-fakta Unik Ikan Sebelah
Flatfish atau yang biasa dikenal ikan sebelah
source:nationalgeographic.co.id

Flatfish atau lebih dikenal dengan sebutan ikan sebelah memang sangat unik dan aneh. Dengan bentuk yang pipih dan kedua matanya yang berada di bagian atas ini mungkin sering anda jumpai ketika mampir ke warung ikan bakar ataupun jika sering main-main di tempat pelelangan ikan.

Untuk ukurannya sendiri ikan ini banyak variasinya dari yang hanya seukuran jari tangan hingga ada yang panjangnya sampai 3 meter. Posisi mata ikan yang keduanya ada di bagian atas menjadi hal yang sering jadi pertanyaan menggelitik. Dari mulai “bagaimana mereka berenang ?” atau “ Bagaimana melihat dasar laut..?” dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.

 Tonapedia  mencoba mengulas  fakta-fakta unik tentang ikan sebelah yang perlu anda tahu seperti yang dilansir  laman National Geographic

Fakta-fakta Unik Ikan Sebelah
ketika baru lahir ikan sebelah sama seperti ikan lainnya.

Dilahirkan dalam keadaan Normal

Flatfish atau “Ikan Sebelah” tidak dilahirkan dengan tubuh pipih melainkan sama seperti bentuk tubuh ikan lainnya, begitu juga kedua matanya yang berada pada arah yang berlainan selayaknya mata ikan pada umunya.

Ketika tumbuh dan berkembang, barulah secara alamiah mata mereka bergerak keatas kepala sehingga ahirnya berada di satu sisi. Pergeseran ini juga membuat tulang-tulang kepala mereka juga ikut berpindah.

BACA JUGA :


Pada masa tumbuh kembang tersebut, tulang kepala “Ikan Sebelah” masih sangat lentur seperti ubun-ubun pada bayi sehingga ketika mata bergeser otomatis tulang kepala melengkung mengikuti arahnya. Dan cara berenangnya pun berubah menjadi merayap seperti ikan pari.

Kemudian setelah itu “Ikan Sebelah” menggunakan tulang cadangan di bawah matanya. Mungkin inilah yang membuat bentuk “Ikan Sebelah” tidak simetris seperti ikan-ikan lainnya.

Fakta-fakta Unik Ikan Sebelah
Bola mata yang menonjol memperluas jangkauan jarak pandang
nationalgeographic.co.id

Bola Mata yang bisa bergerak ke arah yang berlainan.

Semua jenis “Ikan Sebelah” mempunyai mata yang menonjol keluar dari kepala mereka. Jadi walaupun secara langsung tidak bisa melihat tepat area dibawah tubuhnya, tetapi bola mata mereka bisa bergerak melihat ke arah yang berlainan. Gerakan ini memungkinkan ‘Ikan Sebelah” bisa melihat area dibawah sekeliling tubuhnya dan bidang pandang mereka menjadi lebih luas.

Ketika “Ikan Sebelah” memandang ke dasar laut, mereka mengirimkan sinyal pesan ke otak , yang kemudian otak mengirimkan sinyal balasan ke kulit . Kulit  “Ikan Sebelah” mengandung sel perubah warna agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Fakta-fakta Unik Ikan Sebelah
Mungkin cita-citanya menjadi detektif yang suka menyamar, hehehe..
source: www.iftfishing.com

Suka Menyamar

Ya.. ngga beda sama bunglon kali yah,, Sel Melanofora yang tekandung dalam kulit “Ikan Sebelah” berfungsi untuk mencocokkan warna tubuh dengan lingkungan sekitarnya.

Memperluas permukaan sel akan membuat warna tubuh “Ikan Sebelah” menjadi lebih gelap atau sebaliknya. Mereka hanya butuh waktu sekitar dua sampai delapan menit untuk benar-benar menyatu dengan lingkungan sekitar.

“Ikan Sebelah” gemar menyamar tentu punya dalih tersendiri. selain mekanisme pertahan diri, menyamar adalah cara “Ikan Sebelah” untuk mencari mangsa. “Ikan Sebelah” memakan binatang laut kecil yang berkulit keras dan hewan tak bertulang punggung.


Dengan tabah, “Ikan Sebelah” tanpa bergerak sedikitpun dan memendam tubuhnya di dalam pasir dasar laut. “Ikan Sebelah” menunggu mangsa yang benar-benar mendekat dan lengah. Dengan satu gerakan yang cepat jarang sekali mangsa bisa lolos dengan sergapannya.

Nah... itulah beberapa fakta-fakta unik mengenai flatfish atau ikan sebelah yang belum banyak diketahui.


Postingan terkait: