Jangan lakukan hal ini jika smartphone tercebur ke air

smartphone tercebur ke air
[Smartphone tercebur ke air ]
Sobat tonapedia pasti setuju kan jika sial dapat menimpa siapa saja tanpa pandang bulu?
Ngenes banget deh jika smartphone kesayangan kita tanpa sengaja tercebur ke air, pasti sobat semua pernah melakukan hal-hal konyol yang seharusnya tidak boleh di lakukan karena bukan untung malah bisa jadi buntung...
.
Nah berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari ketika smartphone tercebur ke air, mudah-mudahan sih jangan lah…

1. Jangan langsung nyalakan ketika smartphone tercebur ke air dan tiba-tiba langsung mati.

Yang pasti alasannya adalah bahaya !, soalnya air yang meresap kedalam smartphone bisa saja membuat komponen hardwere mengalami korsleting ketika dinyalakan.

Jadi, baiknya sih biarkan saja. Kalau bisa di bongkar lalu kipasin biar kering dengan sendirinya. Atau bisa saja smartphone di taruh dalam tumpukan beras agar resapan air cepat kering.

2. Ketika tercebur smartphone masih menyala, jangan tekan sembarang tombol.

Alasannya adalah anda tidak tahu kalau air sudah meresap kemana saja dalam smartphone,  jadi ada kemungkinan jika salah menekan bisa jadi malah akan merusak salah satu komponen penting yang ada di balik tombol smartphone.

3. Smartphone yang basah lalu di jemur ?

Anda pasti pernah melakukannya kan ?, Secara logika sih bisa di terima dengan harapan air yang meresap akan segera menguap.

Padahal faktanya salah besar, alih-alih bisa cepat mengeringkan justru akan merusak komponen yang ada dalam smartphone.

4. Jangan menggoyang smartphone yang kemasukan air

Menggoyang smartphone yang kemasukan air bisa memerparah keadaan, karena air dengan mudah untuk memasuki celah-celah hardwere yang rentan rusak jika terkena air.

Emangnya dangdutan bisa di goyang-goyang ?

5. Jangan keringkan smartphone dengan Hair dryer

Efeknya akan sama seperti anda menjemur smartphone di terik matahari.  Karena ada komponen yang rentan terhadap panas yang berlebihan.

Nah, setelah sobat semua tahu hal-hal di atas,  jangan sampai yah melakukan hal-hal konyol itu lagi ketika smartphone kesayanganmu tercebur air. Dan yang pasti hubungi tukang servis terdekat jika gejala kerusakan berlanjut. okeh...

Sumber: Idntimes












Postingan terkait: