Langkah-Langkah Jitu Ketika Banjir Melanda


Banjir yang merendam pemukiman/foto istimewa

Hallo hai Sobat Tonapedia.... 
Musim hujan datang banjirpun melanda..... sudah biasa atau baru pertama kali nih sobat merasakan banjir?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Banjir merupakan peristiwa meluapnya air yang menggenangi permukaan tanah, namun ketinggiannya melebihi batas normal yang dapat disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, badai, gelombang pasang, atau peristiwa alam lainnya. Banjir juga dapat diakibatkan oleh perilaku manusia, seperti berkurangnya daerah resapan air akibat penebangan hutan dan pengembangan pemukiman, buruknya penanganan sampah dan saluran air, dan sebagainya.

Nah, kalau banjir melanda apasih yang perlu sobat Tonapedia lakukan ?
Dikutip dari helloSEHAT.com berikut adalah hal-hal yang perlu sobat Tonapedia lakukan sebelum, saat, dan setelah terjadi banjir.


Sebelum terjadi banjir


Bila tempat tinggal sobat Tonapedia merupakan daerah rawan banjir, atau daerah yang mempunyai potensi banjir, maka sobat Tonapedia perlu melakukan hal-hal berikut ini:


1. Buatlah denah atau peta rumah dan lingkungan sekitar Sobat Tonapedia
Beri tanda tempat-tempat yang biasanya terendam banjir. Tempat-tempat yang aman dan yang membahayakan juga harus ditandai. Carilah informasi dari orang lain di sekitar Sobat.

2. Ketahui sistem peringatan dini di lingkungan Sobat
Jika biasanya di kota-kota sistem peringatan yang digunakan  adalah sirine berbeda lagi di desa. Biasanya di desa system  peringatannya menggunakan  imbauan dari pengeras suara rumah  ibadah atau kentongan. Jika lingkungan rumah sobat tidak memilikinya, laporkan ke ketua RT/RW atau kepala desa agar disepakati apa yang menjadi sistem peringatan di lingkungan sahabat

3. Pahami tanda-tanda terjadinya banjir dan waspadai jika itu terjadi
Sobat harus bisa memahami atau mengetaui tanda-tanda terjadinya banjir. Misalnya adanya hujan lebat terus menerus, selokan yang meluap, dan tingginya air di dam atau di pintu air yang melebihi batas normal.

4. Perhatikan kondisi sungai di sekitar rumah sobat
Bagi Sobat yang rumahnya di pinggiran sungai pasti sudah paham betul akan hal ini. Sobat harus memperhatikan apakah debet air masih dalam batas normal atau melebihi batas normal.

5. Simpanlah surat-surat penting seperti sertifikat tanah, ijazah, akte, rapor, dan lain-lain dalam plastik atau dalam kantong apapun yang kedap air.


Saat terjadi banjir


Terkadang banjir memiliki tanda-tanda sebelum terjadi, Jika banjir terjadi perlahan, Sahabat dapat melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:


1.Pindahkan barang-barang atau perabotan rumah ke tempat yang lebih tinggi dan tidak terjangkau oleh genangan air.

2. Segera padamkan listrik dan gas di rumah.

3. Pantaulah informasi penting yang disampaikan melalui radio, televisi, atau apapun yang ada di sekitar sobat. Untuk jaman sekarang ini Sobat bisa mengetahui informasi dengan cepat dari sosial media tapi harus dipastikan terlebih dahulu agar informasi tersebut benar adanya atau bukan informasi hoax.

4. Bersiaplah untuk kemungkinan mengungsi.

5. Perhatikan kondisi air, apakah terus meningkat atau tidak.

6. Jika hujan tidak berhenti dan air kelihatan tidak surut atau bahkan meningkat, segeralah mengungsi ke tempat yang aman atau ke tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat.

7. Jika ada imbauan mengungsi, segera lakukan dengan tetap tenang dan tertib.

8.Jika terjebak dalam rumah, cobalah untuk tenang. Berusahalah untuk mencari pertolongan dengan menghubungi kerabat, PMI, kantor pemerintah, atau polisi. Maka dari itu Sobat perlu menyimpan nomor-nomor penting tadi.

9. Tetaplah menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

10.Usahakan untuk tidak tidur di tempat terbuka.


Setelah banjir


setelah banjir terjadi berikut yang bisa Sobat Tonapedia lakukan.

1. Jika mengungsi, kembalilah ke rumah jika keadaan sudah benar-benar aman

2. Jangan langsung masuk ke dalam rumah, lihatlah situasi dengan saksama

3. Periksalah lingkungan sekitar rumah kalau-kalau ada bahaya yang tersembunyi, seperti bagian rumah yang roboh, kabel beraliran listrik, bocoran gas, atau binatang berbahaya.

4.Gunakan selalu alas kaki.

5. Mulailah membersihkan rumah dan lingkungan sekitar Anda.

6. Cucilah perlengkapan makan dan barang lainnya dengan sabun anti kuman.

Nah , itulah hal-hal yang perlu Sahabat Tonapedia lakukan sebelum, saat, dan sesudah terjadi banjir semoga bermanfaat untuk kita semua. Yang terpenting saat kita menghadapi bencana adalah tetap tenang dan hati-hati serta berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa ya Sobat Tonapedia.



Salam ,

Postingan terkait: