KEAJAIBAN DOA SEBELUM MAKAN

keajaiban doa sebelum makan
foto dok. pribadi

Di era media sosial seperti sekarang ini, hal apapun bisa kita temui disana. Dari hal yang menginspirasi, kontroversi dan yang tak ketinggalan adalah humor atau meme-meme yang menghibur dan kadang ngenekki.  

Dari sekian humor yang wara-wiri dilinimasa itu ada salah satu yang kira-kira narasinya seperti ini :

“ sehabis isya, ada sekumpulan anak kecil yang baru pulang mengaji. Ditengah jalan ternyata dikerjain oleh hantu POCONG dan tungganglanggang-lah mereka semua kecuali satu anak. Dengan fasih dia melafalkan doa-doa. Namun ternyata yang dibaca adalah doa sebelum makan. Mendengar doa itu, si POCONG ketakutan, bukan karena kepanasan atau kedinginan, tapi karena menyangka si bocah akan memakan sipocong tersebut.”

Bagi sebagian orang, membaca cerita humor tersebut sangatlah terhibur daripada berlama-lama membaca berita politik yang embuh itu. Karena doa sebelum makan sangat lekat atau istilah zaman now-nya familiar dengan hafalan doa anak kecil.

Namun tahukah mas/mbak sekalian bahwa ternyata ada hikmah yang lebih besar dibalik doa tersebut. Seperti yang dirangkum dari tausiyah  salah satu ulama kharismatik di negri ini. Siapa lagi kalau bukan Habib Muhammad Lutfi Bin Yahya. Ya pastilah isinya mengupas tentang hikmah dan keajaiban doa sebelum makan tersebut.

Beliau secara gamblang dan jelas mengupas hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya, intinya doa sebelum makan itu bukan sembarang doa. Bagaimana bisa ? ya coba kita telaah kembali fakta-fakta berikut ini :

1. Meminta keberkahan

Semua pasti hafal dong.. doa diawali dengan lafadz ALLAHUMMA BAARIK LANA  FI MAA ROZAKTANAA.

Hal terpenting yang dipercayai dalam keyakinan islam adalah keberkahan dalam rizki.

Lhaa kalo iya di ijabah ? (Mas.. kalau tidak meminta namanya bukan doa dong mas..? ) terkabul atau ngga itu kuasa tuhan dan tergantung dari kesungguhan kita dalam meminta. Namanya juga usaha.. okeh yah deal !!

Ada maqolah arab yang kira-kira begini, Al aklu saliim fi jizmi saalim (akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat pula). Tentu kata salim disini lebih merujuk makna sehat lahir dan batin, sehat jasmani dan psikologi. Dan semua itu tidak bisa di capai jika sumber asupan makanan kita jauh dari kata sehat, baik sehat gizinya maupun cara mendapatkannya.

Oke, di zaman sekarang apakah bisa di pastikan mudah untuk mendapatkan makanan yang benar-benar halalun toyyiban ? Jangan bilang iya kalau anda masih suka makanan cepat saji yang belum jelas cara pengolahannya.

Dari sesuap nasi yang kita makan, proses bisa sampai pada pulukan jemari kita tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan. Ada banyak peran dan lika-liku perjalanan yang mengiringinya.

Nah disitulah peran penting doa tersebut. Apalagi kalau bukan kita meminta kepada Tuhan semoga rizki makanan yang akan kita makan agar diberikan keberkahan. Satu lagi yang perlu digarisbawahi, bahwa rezeki yang berkah bisa menolak musibah. Ituh..!!

2. Meminta di jauhkan dari siksa api neraka.

Kalimat terahir dari doa tersebut berbunyi "WAQIINAA ADZABANNAR..( dan lindungilah kami dari siksa api neraka)".

Ya, pasti kita semua sudah tahu, jika dalam islam percaya bahwa memakan makanan yang tidak jelas asal usulnya apalagi sampai jelas haramnya bisa mendatangkan siksa kelak di ahirat.

Oke.. deal. Tapi jika diperjelas siksa panasnya neraka tidak hanya di ahirat tok, coba kalau habis makan terus perut melilit kesakitan, mules, mau buang air lagi nanggung diperjalanan misalnya, atau lagi mengerjakan sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan, apa itu bukan siksa namanya ?? Sungguh semoga kita dihindarkan dari kejadian seperti itu.

Semoga saja anak kecil yang menghadapi  pocong dengan membaca doa sebelum makan, kelak nanti akan tahu bahwa ada hikmah yang lebih besar daripada sekedar mengusir hantu pocong.

Wallahu a'lam bimurodihi...


Postingan terkait: