Cara membuat Gitar Akustik biasa menjadi elektrik pakai spiker handphone bekas



Hallo sobat Tonapedia, pasti dari kalian semua banyak yang menyukai salah satu intrumen alat musik yang penting dalam satu pertunjukan musik, baik yang solo ataupun band. Yup..!? Apalagi kalau bukan gitar.

Gitar sendiri ada dua macam, akustik dan elektrik. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung selera bermain sobat Tonapedia tentunya.

Gitar akustik lebih cocok dimainkan pada ruangan yang cukup tertutup supaya suara yang dikeluarkan lebih terdengar maksimal, sedangkan akustik elektrik tetap bisa digunakan di ruang terbuka dengan bantuan ampli, jadi suara tetap maksimal untuk didengarkan.

Nah setelah tahu mengenai Bagaimana memilih gitar akustik yang murah dan berkualitas, sekarang Tonapedia akan berbagi tips biar gitar akustik sobat bisa jadi elektrik ?,

Salah satunya adalah dengan menambahkan preamp kedalam gitar akustik sobat. Tapi di sini, Tonapedia tidak akan membahas preamp, nyari yang mudah dan pasti murah meriah. Hari gini yah.. hihihi..

Langsung  aja sob, berikut ini adalah Cara membuat Gitar Akustik biasa menjadi elektrik pakai spiker handphone bekas..

Cara membuat Gitar Akustik biasa menjadi elektrik pakai spiker handphone bekas
Gambar contoh handphone bekas Nokia /dok. Tonapedia

1. Siapkan handpone bekas

Bongkar handphone bekas, cari spiker yang biasanya berbentuk kotak pada sisi kanan atas atau bawah. Di rekomendasikan sih pake spiker hp Blackberry atau Sony karena kualitas suara yang dihasilkan jernih dan maksimal.

Cara membuat Gitar Akustik biasa menjadi elektrik pakai spiker handphone bekas
merakit spiker dengan melilitkan kabel


2. Rakit

Setelah tercopot dari sarangnya, kaitkan dua buah kabel kecil pada kedua sisi konektor spiker tersebut, usahakan kabel berbeda warna agar tidak sulit untuk membedakan mana yang min dan mana yang ples.


Cara membuat Gitar Akustik biasa menjadi elektrik pakai spiker handphone bekas
tampilan sebelum dan sesudah dirapihkan

3. Rapihkan

Setelah rapi, bungkus spiker yang telah tersambung tadi dengan busa bekas, agar suara yang dihasilkan jernih tanpa noise.

Langkah kemudian adalah menyambungkan ujung kabel yang telah dipasangkan ke spiker tadi dengan jack untuk menghubungkan dengan amplifier. Setelah semua terpasang rapi, sambungkan dengan ampli, cek dan pastikan spiker berfungsi maksimal dengan mengetuk permukaan spiker.

Selanjutnya pasang spiker tadi di atas permukaan body gitar akustik sobat dengan menggunakan lakban kertas, jangan lupa permukaan spiker ditaruh menghadap bawah agar bersentuhan langsung dengan body gitar.

Nah, gimana sobat Tonapedia, mudah bukan? Selamat mencoba yah...

Postingan terkait: