Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu


Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu
Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu oleh berita palsu


Sejak era digital menunjukkan taringnya dalam belantika pemberitaan masa, arus deras informasi tidak lagi terbendung. Sekarang semua orang tidak perlu repot-repot mencari surat kabar untuk mengetahui kabar yang tengah nge-hits baik berita dalam negri maupun mancanegara.

Namun semua ada sisi baik dan buruknya, dan puncaknya adalah ketika didalam negri di hebohkan dengan berita tentang ahok yang katanya menistakan agama, timeline di media sosial seperti facebook dan sejenisnya tumpah ruah dengan berita yang pro dan kontra. Sehingga sulit untuk kita membedakan mana berita yang riil dan mana berita yang berisi fitnah  yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sumber beritanya atau biasa di sebut hoax.

Dengan menyebarkan berita hoax, tentu saja kita ikut andil dalam menyebarkan berita fitnah. Tentu yang mendulang untung adalah sang pembuat hoax tersebut. Kebanyakan berita hoax yang ada di media sosial adalah berita bernada provokasi yang bertujuan untuk menggiring opini ataupun untuk sekedar mengejar rating tayangan laman berita yang bersangkutan.

Terus bagaimana tips agar kita terhindar dari berita-berita hoax yang tidak bermutu itu ?

Nah, dikutip dari laman Detik Inet, inilah cara agar anda terhindar dari berita hoax yang menyesatkan :


Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu
Selalu cek sumber berita/Gambar Pixabay


1. Cek Sumber Berita


Sebelum anda memutuskan untuk men-share berita sebaiknya cross check terlebih dahulu dengan mengungjungi situs asli yang pertama kali memuat berita tersebut. Apakah situs media yang kredibel atau abal-abal.

Dan perlu diperhatikan apakah ada tautan link yang dicantumkan agar mengarahkan pembaca untuk melihat berita aslinya apa tidak, (seperti blog ini nih…) Terus bandingkan dengan media kredibel lainnya, apakah berita itu juga dimuat oleh banyak media yang kredibel atau tidak.

Memang cukup repot sih… tapi ingat lho yah berita hoax itu sama saja dengan fitnah dan katanya “Fitnah itu lebih kejam dari pada ibu tiri” hehehe…

Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu
Cek juga Url situs yang bersangkutan

2. Cek Url Situs yang digunakan

Sebuah instansi resmi tidak akan menggunakan layanan blog gratisan (tidak seperti blog ini). Nama situs juga harus diperhatikan, karena banyak situs abal-abal yang namanya mirip persis dengan situs-situs kredibel. Jangan mudah tertipu oleh judul yang menggelitik.


Darurat Hoax, ini Caranya Agar tidak Tertipu
Tanyakan pada diri sendiri manfaat dari konten yang di-share

3. Gunakan logika akal sehat

Tanyakanlah pada hati nurani, apakah memang berita yang akan anda share bisa memberikan manfaat atau sebaliknya, sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang bisa perpecahan.

Dalam qoidah fiqih disebutkan dar’ul mafasid muqoddamun ‘ala jalbil masholih (menolak kerusakan lebih diutamakan dari pada mendatangkan kemaslahatan itu sendiri)

Perlu diketahui, sekarang ini ada banyak sekali berita yang sengaja dibuat agar menjadi viral di internet atau medsos. Dan tidak sedikit yang tujuan sebenarnya adalah karena uang. Si pembuat hoax membuat kabar yang bernada provokasi agar pengunjung situsnya melonjak dan mendapatkan uang dari iklan yang di pasang di situs tersebut.

Hemm… gimana sobat ? sudah tahu kan tips agar kita tidak terjerumus dalam berita-berita bohong dan ikut menyebarkannya pula. Semoga bermanfaat.




Postingan terkait: