Memahami kata "Wali"



Makna  “wali” bagi sebagian orang pasti identik dengan orang sholeh yang dekat dengan Allah dan mempunyai segudang karomah yang  tidak dimiliki orang kebanyakan.

Namun dalam alqur’an kata “wali” mempunyai arti yang beragam, biasanya sesuai dengan konteks ayat yang di bahas. Keragaman arti tersebut mau tidak mau harus difahami secara menyeluruh agar maksud yang sesunggunya tidak bias.

Ahir-ahir ini publik tanah air sedang gencar mencari tahu makna dan kandungan QS. Al Maidah ayat 51 yang menyebut kata Awliya (jamak dari “wali”).  Dalam terjemah bahasa Indonesia kata “awliya” dalam ayat tersebut diartikan sebagai “Pemimpin”.

Hal inilah yang ahirnya menjadi perdebatan bagi kalangan politisi “islam” yang menolak salah satu kandidat calon gubernur DKI Jakarta yang kebetulan Non Muslim. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak rangkuman berikut ini.

MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA

Secara bahasa wali  bisa diartikan penjamin, pengurus, Pembina, kekasih atau seseorang yang memberikan pertolongan. kbbi

Wali Murid diartikan Orang yang menjamin anak untuk memperoleh pendidikan, baik segi administrasi maupun materi
Wali  bisa diartikan orang yang diberi tanggungjawab mengurusiharta anak yatim sampai dia dewasa
Wali Kelas diartikan sebagai Guru yang membina siswa dalam satu kelas.
Wali Allah diartikan sebagai Orang yang menjadi kekasih Allah.
Wali kota diartikan orang yang diberi tanggungjawab mengurusi masalah yang timbul pada masyarakat perkotaan

SECARA ETIMOLOGI

Dalam bahasa arab  wali bisa diartikan seseorang yang bisa dipercaya, seseorang yang dijadikan pelindung.
Kata wali berasal dari kata “al wilayah” yang berarti kekuasaan atau daerah. wikipedia

MENURUT AHLI TAFSIR

Prof. Quraish Shihab Dalam tafsir Al Misbah menjelaskan, bahwa  kata “awliya” yang merupakan jamak dari “wali” menunjukkan arti “orang yang paling dekat”. 

Misalkan Wali nikah adalah seseorang yang paling dekat dengan mempelai putri yaitu pihak orangtua, atau paman atau kakak lelaki, 

Walikota adalah seseorang yang “seharusnya” paling dekat dengan masyarakat kota sehingga mengetahui segala permasalahan yang dialami warganya. 

Wali murid adalah seseorang yang paling dekat dengan murid yang seharusnya mengetahui kendala yang dihadapi murid dalam belajar.

Pun jika diartikan pada kata “waliyullah”, jelas artinya mereka yang paling dekat dengan Allah sehingga mereka lebih mengetahui seluk beluk kekuasaan Allah.

Bisa juga diartikan penolong karena biasanya orang yang dimintai tolong pertama kali adalah orang yang paling dekat dengan kita.

Nah .. bagaimana Mas Mbak sudah tahukan keragaman makna dari kata “wali” tersebut ?
Eits.. masih ada yang kurang ternyata…


WALI BAND, rasanya kurang afdol kalau Band anak santri ini ngga ikut disebut, soalnya karya-karyanya cukup ngehits dan menghibur. Dan tentu sudah tahu kan…? 

Postingan terkait: