Imam Ghozali : inilah 3 tipe manusia dalam menjalankan Agama

Imam Ghozali :  inilah 3 tipe manusia dalam menjalankan Agama
Benarkah kita sudah menjadi hamba yang ikhlas ?  /Gambar pixabay

Siapa sih yang tak kenal dengan  Al Ghozali ( bukan anaknya Ahmad Dhani lho yah..), pemikir muslim abad pertengahan yang karnyanya sudah tidak di ragukan lagi. Lahir di Thus Iran pada tahun 1058 M dan wafat pada tahun 1111 M di Thus Khurasan.(Wikipedia)

Dalam kitab fenomenal yang dikarangannya berjudul Ikhya Ulumuddin beliau menggambarkan tiga jenis model manusia dalam melaksanakan perintah agamanya :


Imam Ghozali :  inilah 3 tipe manusia dalam menjalankan Agama
Pedagang /Gambar pixabay

1. Tipe Pedagang

Dalam tipe ini digambarkan seseorang yang menjalankan perintah Tuhan dikarenakan ingin mendapatkan imbalan akan amal kebaikan selama hidupnya. Sehingga kelak di aherat bukanlah termasuk golongan orang yang merugi karena bagi pedagang untung rugi sangat di perhatikan.
Sah-sah saja sih… siapa sih yang ngga mau hidup bahagia di aherat, didunia sudah sengsara masa mau nambah sengsara di aherat? Rugi dong…


Imam Ghozali : inilah 3 tipe manusia dalam menjalankan perintah agama
Seorang Buruh panggul/Gambar pixabay

2.  Tipe Buruh

Dalam kategori ini digambarkan seseorang yang menjalankan perintah agama seperti buruh yang takut pada majikan sebagai perumpamaan orang yang takut pada siksa api neraka kelak di ahirat. Pada golongan ini rasa takut akan siksa neraka membuat mereka takut untuk melakukan hal-hal yang di larang oleh agama sehingga sebisa mungkin untuk tidak melanggarnya walaupun sedikit. Seperti buruh yang takut melakukan kesalahan  terhadap perintah atasan.

Masih mending buruh sih.. kena hukuman paling potong gaji atau mentok-mentoknya di pecat, masih bisa lah cari bos lain, lah kalo di aherat masa iya mau cari Tuhan lain?


ilustrasi gambar via sufistik.com

3. Tipe Pecinta

Imam ghazali menyebut kategori ini sebagai yang paling utama di banding kedua tipe di atas. Karena manusia di kategori ini bukanlah orang sembarangan. Mereka sudah tidak silau dengan nikmatnya surga dan tidak peduli panasnya neraka. Karena hasrat cinta mereka hanya dekat kepada tuhan dan itulah tujuan hidup mereka. Boleh dikatakan, golongan terahir ini banyak di isi oleh para wali-wali Allah.

BACA JUGA :  Wali Allah dan Tingkatannya

Kalau boleh menambahkan golongan diluar ketiga kelompok yang di definisikan oleh Imam Ghozali, mungkin yang pas adalah golongan robot. Mengingat golongan ini dalam mengamalkan ajaran agama terlihat kaku, istilahnya hanya terpaku pada tekstualnya saja tanpa memahami esensi dan tujuan ajaran tersebut.

Lagi nge-hits dizaman sekarang, banyak sekelompok orang yang hanya bisa melakukan  perintah agama tanpa tahu maksud dan tujuan dari apa yang mereka kerjakan. Pun masih mending robot sungguhan, ngga banyak protes. Pokoknya asal sudah melakukan tanpa memahami esensinya.

Nah.. mas mba sekalian kira-kira masuk dalam kategori yang mana yah ?




Postingan terkait: