Ternyata inilah Cikal Bakal Motor Yamaha Mio



Ternyata inilah Cikal Bakal Motor Yamaha Mio


Dunia otomotif Indonesia khususnya untuk segmen kendaraan roda dua memang saat ini boleh dikatakan hanya dikuasai oleh dua model, yaitu model sport dan skutik. Tidak mengherankan jika disepanjang jalan volume kendaraan roda dua di dominasi oleh motor matik, apalagi dikota-kota yang padat dan macet.



Bicara motor matik, pasti sobat tonapedia ngga asing kan dengan motor Yamaha Mio ?
Motor skutik yang mulai ngetrend pada awal tahun 2004 ini disebut menjadi andalan produk Yamaha. Di awali dengan model standar Mio, kemudian Mio Sport dan sampai era sekarang yaitu Mio J series. Model skutik ini juga melahirkan beberapa nama beken seperti Soul, Xeon hingga N-Max.

Namun pernahkan anda terpikir bahwa ternyata motor Mio punya nenek moyang?
Yah… seperti mahluk hidup dimuka bumi ini, ternyata motor Mio juga mempunyai nenek moyang seperti di lansir tribunnews.com

Ternyata inilah Cikal Bakal Motor Yamaha Mio
iotomotif.com

Namanya Yamaha SC-1

Skuter ini pertama kali yang di produksi dan dipasarkan oleh pabrik berlambang garpu tala ini dibuat pada tahun 1960. Di masa itu, berbagai teknologi terbaru sengaja di hadirkan seperti penggunaan starter dengan dynamo di mesinnya. Transmisinya hanya 2 percepatan dan menggunakan penerus daya ahir berupa gardan.

Menggunakan mesin 2 tak satu silinder dengan kapasitas ruang bakar 175 cc. Sistem pendinginnya masih konvensional dengan tanpa menggunakan radiator. Suspensinya juga istimewa dengan model single side di sisi depan dan belakang.

Kontruksi semacam ini di klaim sangat memudahkan jika akan mengganti roda. Dimensinya juga tergolong kompak,dengan bobot 123 kg dan panjang1.770 mm. ya kurang lebih ukurannya hampir mirip dengan Mio J sekarang.

Nah… kira-kira bagaimana kalau seandainya model Cikal Bakal Motor Yamaha Mio masih eksis di zaman sekarang yah….



Postingan terkait: