5 manfaat tersembunyi dari minyak jelantah


Dalam urusan pekerjaan sehari-hari yang namanya limbah itu pasti ada, ada yang memang sudah tidak bisa digunakan lagi tapi banyak juga yang masih berguna. salah satunya adalah limbah minyak bekas pakai atau yang biasa disebut " Minyak jelantah ".


Ternyata owh ternyata ada 5 manfaat tersembunyi dari minyak jelantah yang perlu sobat tonapedia ketahui, yah.. walaupun ngga penting-penting amat tapi siapa sangka bisa bermanfaat,,,

5 manfaat tersembunyi dari minyak jelantah


1. Dalam keadaan darurat, Minyak jelantah bisa digunakan untuk penerangan

Ketika tiba-tiba mati lampu dan tidak ada persiapan apa-apa, pasti panik dong?
Tenang saja cobalah trik berikut ini

Mula-mula carilah tempat yang tidak mudah terbakar dan pastinya tidak bocor, kemudian tuangkan minyak jelantah dan ambilah kapuk kapas dan pilinlah untuk digunakan sebagai sumbu. Kemudian celupkan kapas tersebut dan biarkan sampai minyak meresap dan siap di gunakan.

BACA JUGA :

2. Dengan campuran senyawa tertentu, minyak jelantah bisa di jadikan sabun cair.

Salah seorang mahasiswa Tehnik Kimia Universitas Diponegoro mengadakan penelitian untuk menciptakan sabun cair yang di buat dari bahan campuran minyak jelantah dan abu kulit buah kapuk randu.

“minyak jelantah dicampur dengan kalium hidroksida yang dipanaskan hingga 110 derajat celcius selama satu jam sebagai proses sponifikasi. Kalium hidroksida sendiri didapatkan dari abu kulit buah kapuk randu yang memang mengandung senyawa kalium karbonat 78,95%, lalu diekstraksi jadi soda kue dan telah dilarutkan”

3. Minyak jelantah bisa di jadikan bahan bakar biodiesel, apa mungkin ?

Hal ini dilakukan oleh para Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Mereka menemukan metode yang tepat untuk memanfaatkan transesterifikasi untuk mengubah minyak jelantah. 
 “Tahukah kamu kalau ternyata minyak jelantah bisa berkualitas tinggi saat dijadikan biodiesel karena kandungan air yang rendah ?”
Proses ini dilakukan dengan member aliran listrik  ke dalam larutan minyak jelantah dengan variasi waktu tertentu. Kemudian elektroda(batang logam) yang digunakan untuk mengaliri listrik dilumuri dengan menggunakan larutan khusus yang disebut kitosal gel.

4. Selain sabun cair, minyak jelantah juga bisa di jadikan sebagai pembersih lantai.

Serius ? yap !! hal ini pernah di uji coba oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menamai percobaan tersebut dengan nama “Karbol Milan” (Minyak Jelantah maksudnya…?)

Mereka mengerjakan percobaan tersebut dalam tiga tahap. Pertama dengan menjernihkan Minyak jelantah terlebih dulu, setelah jernih dibuatlah menjadi cairan karbol dan terahir mengemasnya dengan berbagai aroma yang khas seperti jeruk nipis, apel dan bougenvile.

5. Bagi yang suka bercocok tanam, Minyak jelantah bisa di jadikan pupuk andalan

Cris Nathaniel, seorang pakar hortikultura dari tropiculture Australia mengatakan bahwa karbon dari minyak jelantah bisa membantu menyuburkan tanaman  buah-buahan atau sayuran dengan cara menyemprotkan ke bagian daunnya sekitar 15 ml per liter air.

Cris memerlukan waktu sampai 10 tahun untuk menciptakan formula itu. Dia memilih minyak yang telah digunakan untuk menggoreng kentang dan ikan.

Postingan terkait: