5 kebiasaan yang bisa membuat baterai laptop cepat rusak



5 kebiasaan yang bisa membuat baterai laptop cepat rusak
Gambar Pixabay


Hari ginih siapa sih yang tidak mudeng dengan perangkat yang satu ini ?
Yap..!! laptop adalah perangkat yang bisa memudahkan kita dalam banyak pekerjaan. Bentuknya yang simple membuat kita mudah membawanya dan ketersediaan baterai membuat kita lebih fleksibel menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

Tapi, seperti dikutip Idntimes.com, ternyata 5 kebiasaan yang bisa membuat  baterai laptop cepat rusak lho ?


1. Mencabut baterai saat di pakai

Mungkin banyak dari sobat yang berfikir ketika laptop sedang digunakan dan kondisi baterai penuh, lebih baik di copot dan hanya mengandalkan charger untuk menyuplai daya dengan alasan untuk ngirit.

Namun sobat, langkah tersebut ternyata bisa cepat merusak baterai laptop. Bahayanya, saat  listrik tiba-tiba mati maka akan mati pula laptop sobat dan bisa meningkatkan resiko kerusakan hardisk atau komponen hardware lainnnya.


2. Menggunakan Laptop diatas benda empuk

Wah, kalau ini sih memang kebiasaan yang paling sering di lakukan. Selain nyaman kita juga lebih leluasa menggunakannya, tengkurap bisa senderan juga okeh..

Namun, kebiasaan seperti ini justru sangat tidak dianjurkan karena bisa meningkatkan resiko kerusakan baterai laptop. Alasannya adalah sifat kasur atau bantal yang empuk itu menyerap dan menutup keluarnya hawa panas yang dikeluarkan laptop. Jika kelamaan bukan ngga mungkin laptop akan over heat atau panas berlebihan dan ujung-ujungnya baterai tekor.


3. Menunda pengisian daya sampai presentasase daya tinggal 20 persen

Memang hal ini ngga bisa dipungkiri kan ?
Dengan anggapan masih cukup banyak, pasti sobat rada males kan untuk segera mengisi daya apalagi pas lagi nanggung dan lagi pewe.

baca juga : tips menggunakan keyboards agar internetan lebih menyenangkan

Padahal sobat, membiarkan daya sampai dibawah 20 persen itu ngga baik. Ya itu tadi, cepat membuat baterai laptop cepet tekor. Solusinya sih mending matiin saja lah…
Mencegah lebih baik daripada mengobati, iya kan ???



4. Membiarkan charger tetap menancap pada laptop padahal daya baterai sudah terisi penuh.

Yang ini sih sebelas dua belas sama kebiasaan nomer 2. Entah karena tidak tahu atau masa bodo, kebiasaan ini sering banget kita lakukan. 

Memang sih efeknya tidak terlihat dalam waktu dekat, namun jika terlalu sering maka kondisi baterai yang sering terisi bisa membuat kuota berlebih. Dan ujung-ujungnya baterai bocor.

pixabay.com


5. Jangan sembarangan men-Charge

Yang dimaksud sembarangan adalah men-charge laptop dengan menggunakan tegangan listrik yang tidak stabil, contohnya adalah yang seharusnya tegangan 220 volt tapi di isi menggunakan dengan voltase yang kurang atau lebih.

Sudah jadi pengetahuan umum, voltase yang tidak stabil bisa merusak baterai laptop bahkan alat-alat elektronik  lainnya.

Nah itulah sobat, 5 kebiasaan yang bisa membuat  baterai laptop cepat rusak. Semoga bermanfaat yah….



Postingan terkait: