Untung rugi mengisi angin roda kendaraan menggunakan nitrogen





Sudah sering lihat kan dengan apa yang di namakan nitrogen ?
Bagi para pengguna motor matic memang sangat di anjurkan untuk menggunakan nitrogen untuk mengisi tekanan angin pada roda kendaraan. Mengingat ukuran palang pelek motor skutik lebih kecil dari ukuran sepeda motor lainnya seperti bebek dan sport.


Beberapa kelebihan menggunakan angin nitrogen seperti di kutip dari beritagar.id

Peningkatan suhu nitrogen tak secepat angin biasa

Dengan menggunakan angin nitrogen, tekanan ban lebih konsisten dari pada angin biasa. Hal ini daikarenakan partikel molekul nitrogen lebih besar ketimbang angin biasa sehingga angin sulit  keluar dari pori-pori ban. Hal ini juga bisa menghindari insiden pecah ban jika kondisi ban sudah terlalu panas karena nitrogen tidak cepat memuai seperti angin biasa.

Efisien

Karena molekul yang lebih besar, sehingga jika dipakai untuk berkendara jarak jauh akan sangat membantu karena angin tidak cepat berkurang. Hal itu pula bisa membuat bahan bakar lebih hemat karena jika tekanan ban berkurang akan sangat mengganggu laju dari kendaraan. Kinerja mesin akan menjadi berat sehingga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Ban kendaraan lebih awet

Penggunaan angin biasa akan menjadikan karet ban menjadi cepat uzur dan keras karena proses oksidasi. Gas nitrogen sendiri bisa menjaga elastisitas karet ban sehingga kelenturan ban semakin terjaga.

Pengalaman penulis selama memakai angin jenis ini, ternyata lebih kerasa efeknya ketika menggunakan ban tubles. lebih terasa empuk-empuk gimana gituh, tapi jangan di bayangkan seperti iklan salah satu permen yang dingin-dingin empuk itu yah...

Kekurangan angin nitrogen

Secara umum kelemahan angin nitrogen adalah kendaraan harus sering digunakan karena jika lama menganggur, tekanan angin akan berkurang karena suhu diluar ban lebih dingin dan karena  pengaruh gravitasi.

Kalau tekanan sudah berkurang, sobat tidak bisa dengan seenaknya mengisi ban dengan angin biasa, harus nitrogen lagi. Jika terpaksa menggunakan angin biasa, maka angin nitrogen yang ada pada ban harus dikuras habis, baru kemudian di isi dengan angin biasa.

Waspada dengan aksi tipu-tipu

Ada baiknya sebelum mengisi roda kendaraan sobat dengan nitrogen, sobat cek dulu kelengkapan alat pengisiannya.

Seperti dilansir Brilio.net, Sekarang ini banyak sekali depo pengisian angin nitrogen yang banyak bertebaran di pinggir jalan. Namun ternyata banyak juga oknum-oknum yang mencari keuntungan dari ngetrendnya angin nitrogen dengan mendesain depo mirip nitrogen tapi bisa jadi hanya menggunakan angin biasa karena dalam pengisian nitrogen menggunakan kompressor.  

Alasan mereka adalah tekanan ngga kuat, padahal jika menggunakan botol nitrogen yang asli tekanan mencapai 2000 PsiG, artinya tanpa menggunakan kompressor pun angin nitrogen sudah mampu di alirkan dengan mulus. 

Nah.. itulah sobat tonapedia untung rugi mengisi angin roda kendaraan dengan nitrogen. Pilihan tetap ditangan sobat semua yah.... 


 

Postingan terkait: