Resmi Berlaku, Inilah Prosedur Dan Harga Nomor Cantik Pelat Kendaraan Bermotor

Mempunyai nomer cantik memang bisa menambah kepercayaan diri

Okeh sobat Tonapedia, mungkin sebagian dari panjenengan penasaran bahkan mungkin ada yang mempunyai keinginan suatu saat nanti jika punya kendaraan idaman entah itu mobil atau motor sport dengan pelat nomor kendaraan yang cantik dan unik. (mungkin seperti gambar diatas)

Mempunyai Nomer pelat kendaraan yang cantik dan unik memang  punya kebanggan tersendiri, selain mempertegas identitas juga bisa menambah gengsi. Dari yang mulai hanya satu angka, dua atau tiga bahkan yang tidak ada huruf belakangnya. Semua bisa diatur dan tentu harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Nah berikut ini adalah prosedur pembuatan nomer pelat kendaraan bermotor pesanan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 60 tahun 2016 tentang Peneriamaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri yang berlaku mulai 6 Januari seperti di lansir Detik.com

Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Merto Jaya AKBP Iwan Saktiadi
foto Detik.com


Prosedur Pembuatan

Pertama pemohon menuliskan kombinasi angka dan huruf  sesuai dengan yang di inginkan di bagian Registrasi dan identifikasi (Regident). Polisi kemudian akan memproses pemilihan nomer pelat cantik ini selama belum dipakai orang lain.

BACA JUGA : Untung Rugi Memakai Angin Nitrogen untuk Mengisi Tekanan Ban

Setelah dinyatakan tersedia, pemohon  selanjutnya di arahkan menuju loket untuk membayarnya sesuai tarif Peneriamaan Negara Bukan Pajak (PNBP), setelah itu kemudian petugas memproses pada BPKB apakah kendaraan baru atau perubahan. Apabila nomor yang di inginkan ternyata sudah ada yang memakainya, maka pemohon di persilahkan untuk memilih angka lain yang masih kosong.

Biaya penerbitan nomer cantik

Biaya atau tarif penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016 adalah sebagai berikut

No.
Jenis Pilihan
Contoh
Tarif
1.
NRKB pilihan satu angka tanpa huruf belakang (blank)
Menggunakan huruf belakang
B   8

B   8   X
Rp 20 Juta

Rp 15 Juta
2.
NRKB pilihan dua angka tanpa huruf belakang
Menggunakan huruf belakang
B   88

B   88  XX
Rp 15 Juta

 Rp 10 Juta
3.
Menggunakan tiga angka tanpa huruf belakang
Mengunakan huruf belakang
B   888

B   888  XX
Rp 10 Juta

Rp 7,5 Juta
4.
Menggunakan empat angka tanpa huruf belakang
Menggunakan huruf belakang

B   8888
 

B  8888  XX
Rp 7,5 Juta

Rp 5 Juta

Nah itulah sobat tonapedia, prosedur dan harga nomor cantik pelat kendaraan bermotor, semoga bermanfaat.




Postingan terkait: