5 KELEBIHAN TOILET JONGKOK DARIPADA TOILET DUDUK



5 KELEBIHAN TOILET  JONGKOK DARIPADA TOILET DUDUK
5 KELEBIHAN TOILET  JONGKOK DARIPADA TOILET DUDUK


Berbicara toilet pasti ngga bisa dipisahkan deh sama kamar mandi. Dan kamar yang satu ini ngga kalah pentingnya sama kamar utama dalam sebuah rumah. Kecuali bagi yang hidupnya masih di pelosok desa yang bisa leluasa menyalurkan hajat buangnya di kali atau di kebon.


Seiring dengan kemajuan zaman, pilihan dalam mendesain kamar mandi dan toilet juga mengalami perkembangan dimana masyarakat modern lebih tertarik untuk mengganti toilet jongkok dengan toilet duduk.

Nah, sebelum anda menggantinya, mungkin ada baiknya anda mengetahui apa saja kelebihan toilet  jongkok daripada toilet duduk.

Seperti dikutip hipwee, inilah 5 kelebihan toilet jongkok dari pada toilet duduk yang sering di anggap sepele oleh orang pada umumnya.

1. Toilet jongkok lebih higienis

Sebernya takeran higienis itu tergantung orang mau pakai sudut pandang yang mana, dan satu sama lain punya pendapat berbeda.

Seperti diketahui pada penggunaan toilet jongkok, bagian tubuh yang bersentuhan langsung adalah telapak kaki saja.  sehingga resiko terjadinya penyebaran kuman dapat diminimalisir karena telapak kaki lebih kebal dari pada daerah kulit lainnya.

Sabaliknya, bisa dibayangkan kan toilet duduk gimana makainya ?
Kalau digunakan di area privasi seperti kamar mandi pribadi sih ngga masalah yah, tapi kalau di area seperti wc umum ? ngga kebayang kan jika daerah vital kita bersentuhan dengan bagian toilet yang telah digunakan orang lain ?

2. Toilet jongkok membantu kontraksi otot perut lebih sempurna

Masuk akal memang jika dalam posisi jongkok itu lebih sreg untuk urusan kontraksi atau “ngeden”. Rasanya ada tenaga tambahan di banding ketika posisi kita sedang duduk. Dan yang pasti lebih nyaman.

Berbeda ketika kita menggunakan toilet duduk, dimana otot perut akan sulit untuk “ngeden” dan ahirnya bagi yang tak terbiasa, proses BAB terasa menyiksa.

3. Proses pembuangan kotoran lebih maksimal

Ketika kita menggunakan toilet jongkok untuk BAB, terdapat peningkatan sudut anorektal, yaitu tabung yang dilalui tinja untuk keluar dari tubuh.Dalam posisi jongkok tabung tinja tersebut dalam kondisi tegak lurus, oleh karena itu kontraksi otot mendapatkan hasil maksimal sehingga memudahkan semua kotoran terbuang sempurna.

BACA JUGA : 5 Manfaat Minyak Jelantah yang jarang diketahui

berbeda jika menggunakan toilet duduk, dimana posisi tubuh yang agak condong membuat tabung tinja tersebut tidak benar-benar lurus sehingga sisa-sisa kotoran tidak terbuang sempurna. jika dibiarkan terus menerus penumpukan sisa-sisa kotoran dalam tabung tinja ini dapat berakibat sembelit dan pada kasus yang parah bisa menyebabkan kanker usus besar.

4. Menjaga fungsi saraf panggul dan mengontrol kantung kemih dari kerusakan

Kekuatan otot panggul adalah kunci untuk kesehatan saluran pembuangan (anus atau kemih) dan kesehatan reproduksi. Terutama bagi para wanita yang mana kekuatan otot dasar panggul sangat di perlukan dalam masa kehamilan dan melahirkan.

Faktor ini juga yang mungkin menjadi penyebab banyak wanita modern perkotaan lebih cenderung sulit menjalani proses persalinan secara normal seperti wanita yang tinggal di pedesaan karena waktu kehamilan jarang berjongkok dan menggunakan toilet duduk setiap harinya.

5. Melatih kekuatan otot kaki dan relaksasi otot

Banyak mitos beredar kalau jongkok dapat menyebabkan kerusakan pada tulang lutut kita. Mitos lainnya adalah kebanyakan jongkok dapat menyebabkan ambeien. 

Padahal jika dilakukan secara teratur, posisi jongkok dapat memperkuat otot kaki pada bagian paha belakang dan depan. Selain itu posisi jongkok dapat membuat rileks otot persendian yang tegang setelah seharian bekerja. Apalagi bagi para pegawai kantor yang lebih banyak duduk ketimbang aktifitas lainnya.

Nah itulah sobat tonapedia, 5 Kelebihan toilet  jongkok daripada toilet duduk. Semoga dapat menambah pengetahuan sebelum mendekorasi ulang kamar mandi anda.


Postingan terkait: