Orator



Orator adalah orang yang mempunyai reputasi pandai berpidato dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan orasi adalah materi pidato yang di sampaikan. wikipedia

Ada lima elemen dasar yang harus di fahami oleh seorang orator. Biasanya di sebut dengan “ yangmengatakan apa untuk siapa

Yang

Komponen pertama adalah yangberorasi itu sendiri, dimana orator haruslah percaya diri dan menguasai materi yang akan di sampaikan.

Mengatakan

Tujuan berorasi antara lain adalah mengatakan ide, gagasan, ataupun pengenalan. Maka dari itu orator di haruskan menguasai banyak kosakata agar tidak menggunakan kata yang di ulang-ulang karena terlihat telalu monoton.

Orator yang baik adalah yang bisa merubah emosi pendengar, tidak hanya mendengarkan saja tapi ikut termotivasi oleh materi yang di sampaikan.

Apa

Topik apa yang  akan di sampaikan haruslah jelas, apakah kritik sosial, politik, atau budaya . sebaiknya gunakanlah materi yang mudah difahami audien.

Penguasaan topik materi adalah hal yang wajib bagi orator, sehingga audiens faham dan bisa mengerti apa yang di sampaikan dan bagaimana menindaklanjuti orasi tersebut.

Untuk

Agar memperoleh manfaat yang optimal, sebaiknya orator juga memahami tujuan atas orasinya tersebut.  Sehingga maksud dan tujuan sang orator mudah diterima.

Contohnya, ada orasi yang bertujuan untuk sosialisasi suatu program, ada yang bertujuan untuk mengajak orang membeli produk, atau orasi politik yang bertujuan agar audiens mendukung gagasan sang orator.

Siapa

Kepada siapa orasi itu disampaikan harus diperhatikan juga, mulai dari tingkat pendidikan atau latar belakang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar materi yang disampaikan nyambung dengan pemahaman audiens.


Sebagai contoh gampang adalah penggunaan bahasa. Ketika berorasi di depan para petani misalnya, maka janganlah menggunakan bahasa-bahasa kelas kampus yang tidak bisa di fahami mereka.

Nah sudah jelaskan apa itu orator?
semoga bermanfaat yah sobat tonapedia....


Postingan terkait: